A.
Pengertian
Analisis SWOT
Apa yang dimaksud dengan analisis SWOT?
Pengertian Analisis SWOT adalah suatu metode perencanaan strategis
untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan,
yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats), baik
itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
Istilah analisis SWOT seringkali kita temukan dalam
ruang lingkup ekonomi dan bisnis. Metode analisis ini tujuannya adalah
untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dan bukan
merupakan alat analisis yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang
tengah dihadapi.
Analisis SWOT berperan penting dalam bisnis karena
tujuannya untuk membuat kerangka situasi dan kondisi dalam suatu perusahaan
dari sudut pandang SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).
Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang pengertian analisis SWOT
dan manfaatnya dalam bisnis.
B.
Pengertian
Analisis SWOT Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa itu analisis SWOT, maka
kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini;
1. Philip Kotler
Menurut Philip Kotler, pengertian analisis SWOT
adalah evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang
terdapat pada individu atau organisasi.
2. Pearce dan Robinson
Menurut Pearce dan Robinson, pengertian analisis
SWOT adalah bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang
bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan.
Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan
dengan peluang dan ancaman ekstern sebagai landasan untuk menghasilkan berbagai
alternatif strategi.
3. Yusanto dan Wijdajakusuma
Menurut Yusanto dan Wijdajakusuma, pengertian
analisis SWOT adalah instrumen internal dan eksternal perusahaan yang bertumpu
pada basis data tahunan dengan pola 3-1-5.
Penjelasan mengenai pola ini adalah data yang ada
diupayakan mencakup data perkembangan perusahaan pada tiga tahun sebelum
analisis, apa yang diinginkan pada tahun saat dilakukan analisis (baca: Pengertian Analisis), dan kecenderungan
perusahaan pada lima tahun pasca analisis.
4. Freddy Rangkuti
Menurut Rangkuti, definisi analisis SWOT adalah
usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan
peluang, dan pada saat yang sama dapat meminimalisir kelemahan dan
ancamana. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai
faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
5. Rais
Menurut Rais, pengertian analisis SWOT adalah
metode analisis yang paling mendasar yang berguna untuk mengetahui topik dan
permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini
adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan
dan peluang yang ada, serta mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.
Baca juga: Pengertian Analisis Data
C.
Unsur-Unsur
Analisis SWOT
SWOT merupakan sebuah metode yang digunakan untuk
membuat evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnis. Umumnya
SWOT digambarkan dengan tabel pada ukuran kertas yang besar untuk memudahkan
analisis hubungan antar aspeknya. Pembuatan analisis SWOT melibatkan tujuan
bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor internal-eksternal untuk mencapai
tujuan tersebut.
Seperti yang sudah disinggung diatas, analisis SWOT
melibatkan empat unsur utamanya, yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang)
dan Threats (ancaman). Berikut penjelasan dari masing-masing
unsur tersebut:
1. Kekuatan (Strenght)
Analisis terhadap unsur kekuatan
Analisis terhadap unsur kekuatan yang dimiliki oleh
perusahaan. Misalnya saja menganalisis tentang kelebihan apa saja yang dimiliki
perusahaan seperti dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi
strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan
perusahaan.
Biasanya dalam analisis SWOT perusahaan cenderung
akan membuat sebanyak mungkin daftar kekuatan sebagai upaya kompetisi.
2. Kelemahan (Weakness)
Analisis terhadap unsur kelemahan
Selain melihat unsur kekuatan perusahaan, sangat
penting untuk mengetahui apa kelemahan yang dimiliki perusahaan. Untuk
mengetahui kelemahan perusahaan bisa dengan melakukan perbandingan dengan
pesaing seperti apa yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki
perusahaan Anda.
Jika ingin membuat daftar kelemahan perusahaan
secara lebih obyektif bisa dengan testimoni konsumen yang umumnya lebih
mengetahui apa yang kurang dari sebuah perusahan.
3. Peluang (Opportunity)
Analisis terhadap unsur peluang
Unsur peluang biasanya dibuat pada saat awal membangun
bisnis. Ini karena bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan untuk
menghasilkan keuntungan.
Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang
memungkinkan bisnis mampu bertahan dan diterima di masyarakat, baik dalam
jangka pendek maupun jangka panjang.
4. Ancaman (Threats)
Analisis terhadap unsur ancaman
Analisis terhadap unsur ancaman sangat penting
karena menentukan apakah bisnis dapat bertahan atau tidak di masa depan.
Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman misalnya banyaknya pesaing,
ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya.
Membuat daftar ancaman perusahaan bisa untuk jangka
pendek maupun jangka panjang serta bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.
D.
Manfaat
Analisis SWOT
Banyak sumber yang mengatakan bahwa analisis SWOT
adalah metode analisis yang paling dasar. Analisis ini bermanfaat untuk
mengetahui suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman, yang dimilki oleh sebuah perusahaan.
Hasil dari analisis ini dapat memberikan
rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan peluang, serta pada
saat yang bersamaan mengurangi kelemahan dan menghindari potensi ancaman.
Analisis SWOT juga berperan sebagai instrumen yang
bermanfaat dalam aktivitas analisis strategis. Dengan analisis ini, organisasi dapat meminimalisir
kelemahan dan menekan dampak ancaman yang harus dihadapi.
Jadi, secara umum manfaat analisis SWOT adalah
sebagai berikut:
·
Perusahaan menjadi lebih memahami kekuatannya dan
memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
·
Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat
mempertahankan peluang.
·
Perusahaan mengetahui kelemahan serta mencari
solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.
·
Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari
solusi untuk menghindari ancaman tersebut.
E.
Faktor
yang Mempengaruhi Analisis SWOT
Secara garis besar terdapat 2 faktor utama yang
mempengaruhi analisa SWOT, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut
penjelasan singkatnya:
1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal
dari dalam suatu perusahaan, yaitu kekuatan dan kelemahan dari
perusahaan itu sendiri. Adapun beberapa hal yang merupakan bagian dari faktor
internal adalah;
·
Sumber daya keuangan yang memadai
·
Sumber daya manusia yang kompeten
·
Properti teknologi terkini
·
Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
·
Kemampuan pemasaran yang baik
·
Kemampuan distribusi yang baik
·
Dan lain-lain
2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah semua faktor yang berasal
dari luar perusahaan (ancaman dan peluang) dan berpengaruh terhadap
performa perusahaan tersebut. Adapun beberapa hal yang merupakan bagian faktor
eksternal adalah;
·
Tren bisnis
·
Budaya masyarakat
·
Sosial politik dan ideologi
·
Kondisi perekonomian suatu negara
·
Peraturan dan kebijakan pemerintah
·
Perkembangan teknologi
·
Dan lain-lain
F. Contoh Analisis SWOT
Analisis SWOT brand StarBucks bisa kita
jadikan referensi untuk membuat analisis SWOT. Perhatikan gambar berikut ini,
Analisis SWOT Starbucks
Dari gambar di atas kita dapat mengetahui kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman bagi bisnis Starbucks. Berikut penjelasan
singkatnya:
1. Kekuatan Starbucks
·
Memiliki produk dan layanan berkualitas tinggi
·
Brand terkenal secara internasional, dan memiliki
kekuatan branding
·
Lokasi store berada di tempat yang strategis
·
Memiliki hubungan yang baik dengan supplier
·
Efektif dan efisien dalam rantai pasok
2. Kelemahan Starbucks
·
Efek bagi kesehatan dari mengkonsumsi produk
Starbucks
·
Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada
segmen internasional
·
Bergantung pada segmen operasi di Amerika
·
Bencana alam sangat mempengaruhi pasokan
·
Bergantung pada hubungan dengan pemasok
3. Peluang Starbucks
·
Memanfaatkan merek Starbucks lebih banyak lagi
selain gerai
·
Kelompok produk konsumen global
·
Perluasan segmen operasi internasional
·
Inovasi produk dan platform pertumbuhan baru
·
Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada
segmen internasional
4. Ancaman Bagi Starbucks
·
Studi kesehatan terbaru tentang dampak gula
·
Sejumlah besar pesaing dalam bisnis kopi spesial
·
Suplai dan harga kopi tunduk pada volatilitas yang
signifikan
·
Kondisi ekonomi di Amerika bisa menurunkan belanja
konsumen
·
Lonjakan upah minimum menurunkan profitabilitas dan
menurunkan pasokan
G.
Pentingnya
Analisis SWOT dalam Bisnis
Jika mengacu pada penjelasan di atas, analisis SWOT
sangat penting untuk dilakukan, yaitu sebagai kerangka untuk menganalisis apa
yang dimiliki dan tidak dimiliki perusahaan. Analisis ini bukan hanya penting
untuk membangun sebuah bisnis saja, namun sangat penting untuk keberlangsungan
bisnis.
Analisa SWOT sudah dianggap sebagai metode analisis
untuk mendeskripsikan perusahaan yang paling dasar. Melalui analisa SWOT dapat
menjadi bahan untuk membuat perencanaan strategis dan mencapai tujuan
perusahaan secara lebih sistematis.
Analisis yang diterapkan dengan baik dan dijalankan
dengan benar dalam sebuah perusahaan akan sangat membantu untuk melihat
sisi-sisi perusahaan yang selama ini tidak terlihat. Tanpa melakukan
analisis bisa jadi bisnis yang dibangun tidak berjalan secara efisien dan
efektif.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian
analisis SWOT, unsur-unsur, manfaat, serta contohnya. Semoga artikel ini
bermanfaat dan menambah wawasan kamu.
Sumber :
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html
Sumber :
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html
0 Komentar