Microsoft Excel
2016 terbagi bermacam-macam elemen-elemen dengan fungsi-fungsinya sebagai
berikut.
Penjelasan:
1. Title Bar, adalah nama
dokumen Excel Anda. Anda dapat menamainya sesuai tujuan dan keinginan. Jika
baru dibuka dan belum disimpan, default bernama Book1.
2. Microsoft Account, adalah akun
Outlook atau Microsoft Anda jika Anda login. Fungsinya ialah untuk menyimpan
lalu menyinkronkan file Excel dan Microsoft Office lainnya ke OneDrive,
penyimpanan online milik Microsoft. Jika Anda belum masuk, akan
bertulisan Sign in.
Ribbon Display Option, berfungsi untuk mengatur ribbon/toolbars menjadi tersembunyi atau ditampilkan.
Ribbon Display Option, berfungsi untuk mengatur ribbon/toolbars menjadi tersembunyi atau ditampilkan.
3. Size Option Button, opsi
meliputi Minimize (menutup aplikasi sementara), Restore/Maximize (mengatur
ukuran jendela menjadi kecil atau penuh) dan Close (menutup
aplikasi).
4.
Share Button, fitur baru Microsoft Office 2016 ini berfungsi
untuk membagikan dokumen Anda ke penyimpanan online bahkan sosial media.
5. Quick Access Toolbar, akses cepat untuk
bertindak. Secara default berisi opsi Save, Undo, Redo dan New File.
6.
Save, berfungsi menyimpan dokumen Anda
7.
Undo, berfungsi mengembalikan ke tindakan sebelumnya
8.
Redo, berfungsi kembali ke tindakan berikutnya, jika
posisi tindakan kita mundur sebelumnya
9.
Print Preview, Saya menambahkan ini di Akses Cepat
ialah saat ingin mencetak, bisa dilihat dahulu sebelum dicetak apakah sudah
rapi atau masih berantakan
10. Print Preview, Saya menambahkan
ini di Akses Cepat ialah saat ingin mencetak, bisa dilihat dahulu sebelum
dicetak apakah sudah rapi atau masih berantakan
11. File Button, ialah beberapa
opsi untuk keperluan menyimpan, membagi, mencetak, pengaturan Excel dan
sebagainya.
12. Tab Menu Bar, adalah kumpulan
atau grup-grup perintah. Tersedia tab:
13. Home, beberapa perintah
untuk memformat dokumen.
14. Insert, memasukkan
berbagai objek, seperti memasukkan gambar/foto, menambahkan diagram/charts, hyperlink dan
sebagainya.
15. Page Layout, beberapa perintah
untuk mengatur tata letak, margin/tepian dokumen Anda dan sebagainya saat ingin
dicetak lebih rapi.
16. Formulas, kumpulan rumus
atau fungsi Excel, perintah memeriksa kesalahan rumus dan sebagainya.
17. Data, berisi beberapa
tombol perintah untuk pengolahan data, misalnya data Excel Anda dimasukkan ke
Microsoft Access, mengatur tautan dari file Excel eksternal, menyaring data,
mencari analisa data hingga tujuan/goal seek dan sebagainya.
18. Review, meninjau ulang
dokumen Excel Anda dengan memeriksa ejaan bahasa, membuat kata sandi file
dokumen Excel Anda dan sebagainya.
19. View, mengatur tampilan
jendela Excel, layout dan sebagainya.
20. Tell me what you
want to do,
berfungsi untuk mencari berbagai cara perintah yang belum Anda kuasai di Excel
secara cepat. Misalnya, Anda belum mengerti bagaimana cara mencari hasil tujuan
cepat/goal
seek suatu data,
fungsi-fungsi atau menggunakan Pivot dan lainnya. Jika menggunakan Excel
berbahasa Inggris, maka Anda harus mencarinya dengan menggunakan Bahasa
Inggris, begitu pula jika menggunakan Bahasa Indonesia, dapat mencarinya dengan
Bahasa Indonesia. Fitur ini dapat digunakan saat perangkat Anda tidak
terkoneksi internet/offline.
21. Toolbar, tombol-tombol
perintah.
22. Collapse the Ribbon, berfungsi menyembunyikan
tombol-tombol toolbar/ribbon dan hanya tampil tab menu bar. Jika ingin
ditampilkan sepenuhnya, klik ikon pin jarum (berubah saat tombol ini
diaktifkan).
23. Dialog Settings, untuk membuka
dialog pengaturan toolbar lebih lengkap.
24. Name Box, ialah nama
kotak/sel, menampilkan nama sel yang sedang aktif/disorot. Misalnya, jika Anda
menyorot sel di kolom A dan baris 8, maka akan tampil A8. Tampilan ini
berformat kolom dengan huruf dan baris dengan angka.
25. Insert Function dan Formula Bar, memasukkan
rumus/fungsi Excel dan menampilkan isi sel. Berisi opsi Cancel, Enter dan Insert Function. Jika sel diisi
dengan angka atau huruf biasa, akan muncul sebagai angka atau huruf biasa pula,
sedangkan jika sel diisi dengan fungsi maka akan menampilkan fungsi yang Anda masukkan,
hanya tampil hasil fungsi di sel tersebut.
26. Columns, beberapa kolom
berformat huruf. Di Microsoft Excel 2016, kolom dimulai dari huruf A hingga
huruf XFD, yaitu sebanyak
16.384 kolom.
27. Select Cell, memilih semua sel
dalam satu worksheet (lembar kerja).
28. Rows, beberapa baris
berformat angka. Di Microsoft Excel 2016, baris dimulai dari angka 1 hingga 1048567, yaitu sebanyak
1.048.567 baris.
29. Scroll Sheet, memilih semua sel
dalam satu worksheet (lembar kerja).
30. Tab Sheet, menampung
beberapa pekerjaan/worksheet. Default tersedia tiga tab sheets.
31. New Sheet, membuat tab
sheet/worksheet baru.
32. Status Bar, menampilkan
berbagai status saat ini dalam worksheet. Misalnya, hampir di setiap membuka
Excel selalu berstatus.
33. Ready yang berarti
Excel Anda siap digunakan.
34. Ikon tiga titik
vertikal,
berfungsi untuk meluaskan horizontal scrollbar. Menggeser ke kiri
akan meluas, tapi menggeser ke kanan akan menyempit.
35. Horizontal
Scrollbar,
berfungsi untuk menggeser worksheet/lembar kerja secara horizontal (ke kiri dan ke
kanan) atau menggeser kolom.
36. Vertical Scrollbar, berfungsi untuk
menggeser worksheet/lembar kerja secara vertikal (ke atas dan ke
bawah) atau menggeser baris.
37. Page Layout, ialah mengatur
tampilan worksheet. Beberapa opsi: Normal, menampilkan worksheet/lembar kerja
dengan normal atau default.
38. Page layout, menampilkan tata
letak worksheet pada area
print tertentu. Kita bisa mengedit header, footer dan sebagainya seperti Word yang juga
menampilkan ruler/penggaris.
39. Page break view, menampilkan
area worksheet yang dipilih
untuk masuk ke area yang ingin dicetak.
40. Zoom, berfungsi untuk
mengatur besar kecilnya ukuran worksheet.
41. Cell, ialah perpotongan
antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Jika kita men-drag beberapa sel
disebut Range Cell yaitu kumpulan beberapa kolom dan baris yang
tersedia di worksheet.
42. Worksheet, ialah lembar
kerja Excel yang berisi beberapa sel kolom dan sel baris.
43. Perumpamaan, workbook ialah buku,
sedangkan worksheet ialah lembaran beberapa halaman.
Yang Baru di
Microsoft Excel 2016
44.
Mempersonalisasi tata letak default PivotTable.
45.
Menyisipkan tautan baru. Dapat ditautkan ke file
dokumen PowerPoint Anda dan eksternal lainnya.
46.
Mendukung berbagai perangkat, seperti desktop,
tablet, laptop, hingga smartphone. Kini Microsoft Office termasuk Excel sudah
tersedia di perangkat operasi sistem iOS dan Android.
47.
Tersinkronisasi antar perangkat. Dengan OneDrive,
Anda dapat membuka dokumen di perangkat apapun, kapan pun dan di mana pun.
48.
Fitur Share and Invite. Dokumen yang kita buat dapat
dibagikan ke orang lain, melalui email, link bahkan sosial media.
49.
Tambahan tema baru. Microsoft Excel 2016 tersedia
tiga pilihan tema baru, yaitu Colorful (default), Dark Gray, dan White. Nah,
yang saya gunakan di Excel saya ialah Dark Gray (serba gelap).
50.
Ikon toolbar/ribbon baru dengan menyesuaikan
tampilan flat UI pada Windows 10.
51.
Skype for Business.
52. Semoga artikel ini
bermanfaat untuk Anda.😊
https://bekasenpai.blogspot.com/2017/05/mengenal-microsoft-excel-2016.html
0 Komentar